Fantastis! Kambing Pygmy Mini Seharga Puluhan Juta - Pekalongan

Babi kerdil merupakan jenis kambing yang berbeda dengan kambing ternak pada umumnya. Perbedaan antara kambing kerdil menjadi jelas dari segi ukuran, penampilan, dan manfaat bagi peternak.

 

Kata pygmy dalam bahasa Inggris berarti kerdil dan sering digunakan untuk menggambarkan berbagai bangsa dari berbagai etnis di seluruh dunia dengan tubuh yang sangat kecil (Pygmies). Itu sebabnya kambing kerdil juga dinamai demikian karena ukuran tubuhnya yang relatif kecil dibandingkan jenis kambing lainnya.

 

Karena ukurannya yang menggemaskan dan penampilannya yang alami, kambing mini ini lebih sering dijadikan sebagai kambing hias daripada sumber makanan hewani (susu bahkan daging). Untuk anak kambing kerdil harganya sekitar 25 juta. Harga kambing hias cukup tinggi dibandingkan jenis kambing hias lainnya.

 

Apakah Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang kambing kerdil? Pelajari lebih lanjut tentang sejarah atribut, ciri-ciri, cara merawat, hingga harga kambing kerdil di artikel ini!

 

Asal Usul Kambing Pygmy

Kambing Pygmy adalah kambing mini yang berasal dari Afrika khususnya di wilayah Lembah Kamerun. Hewan ini dipelihara menjadi kambing pedaging dan perah sehingga memiliki potensi yang tinggi untuk berkembang biak serta ketahanannya terhadap berbagai penyakit dan parasit.

 

Namun, pada abad ke-19, setelah Inggris memperkenalkan kambing kerdil ke wilayah Eropa, ia menjadi hewan eksotis yang dipelihara di kebun binatang di seluruh Jerman dan Swedia. Pada paruh kedua tahun 1950-an, kambing kerdil dikirim ke Amerika. Amerika Serikat dan diperdagangkan untuk lembaga penelitian, kebun binatang dan individu. Akhirnya, kambing mini ini mendapat banyak perhatian sebagai hewan peliharaan dan pertunjukan.

 

Ciri-Ciri Kambing Pygmy

Dalam istilah yang lebih sederhana seseorang dapat mendefinisikan kambing kerdil sebagai kambing yang kecil dan terlihat sangat padat. Ia memiliki kepala dan kaki yang kecil, dahi yang lebar dan telinga yang tegak. Ia memiliki telinga di setiap sisi ke leher. hidung lurus dan moncong yang membulat.

 

Tinggi rata-rata kambing kerdil dewasa dapat diukur pada 41-60cm. Kambing kerdil jantan memiliki berat badan 27-39 kg. Betina memiliki berat badan antara 24-34 kilogram.

 

Ukuran ini termasuk dalam kategori mini atau kecil dibandingkan dengan kambing Boer yang memiliki tinggi rata-rata 80 cm dan berat badan antara 94 sampai 114 kg disebut juga kambing Saanen yang memiliki tinggi antara 80-90 cm. dan berat 60kg.

 

Warna bulunya, kambing kerdil memiliki susunan warna dan corak. Mulai dari warna hitam, karamel ringan hingga cokelat tua, abu-abu, campuran, dengan desain di punggung, wajah, atau perut.

 

Panjang bulu kambing Pygmy bervariasi tergantung iklim dan hasrat seksual. Kambing jantan cenderung memiliki janggut dan surai yang lebih besar yang menutupi bahunya, selain tanduk yang lebih besar. Berbeda dengan kambing betina yang tidak berjanggut, jarang, atau bertanduk lebih kecil.

 

Meskipun ukuran dan gayanya menggemaskan, sifat kambing kerdil yang penurut, baik hati, dan aktif adalah hewan peliharaan yang cocok untuk semua orang mulai dari balita hingga orang dewasa. Kambing menggemaskan ini pintar dan bisa dilatih seperti hewan peliharaan lainnya.

 

Meski kini masyarakat dunia lebih suka menganggap kambing mini ini sebagai kambing hias, namun di negara asalnya, Afrika, kambing mini ini dijadikan sebagai sumber pakan hewani.

 

Daging kambing ini bisa dimakan dengan cara yang sama seperti daging kambing lainnya. Produksi susunya laris karena memiliki rasa yang manis dan kaya akan kalsium mineral kalium dan fosfor. Ini adalah produk yang jauh lebih unggul dari susu kambing perah. Kambing kerdil bisa menghasilkan susu sebanyak 1 sampai 2 liter setiap harinya selama lebih dari 180 hari.

 

Umur kambing mini ini sendiri bisa mencapai 15 tahun. Penting bagi peternak dan pemelihara kambing Pygmy untuk dapat menunjukkan komitmen jangka panjang dalam memeliharanya.

 

Bagaimana Cara Merawat Kambing Pygmy?

Menurut para peternak kambing kerdil cara merawat kambing kerdil ini relatif mudah dan tidak memerlukan cara khusus. Berikut enam faktor yang harus diperhatikan saat merawat kambing kerdil kesayangan Anda.

 

1. Makanan

Lain halnya dengan makanan normal kambing. Kambing kerdil bervegetarian dan memakan dedaunan segar semak, ranting, tumbuhan dan rumput. Mereka juga diperbolehkan makan buah dan sayuran sebagai camilan, namun makanan manis tidak disarankan untuk kambing yang rentan terhadap obesitas.

 

Selain pakan pabrik, ditawarkan dengan nilai gizi yang telah dimodifikasi untuk kambing Pygmy sehingga memudahkan peternak untuk berkembang biak.

Asupan harian utama yang harus Anda perhatikan adalah air. Air harus tersedia setiap saat.

 

2. Penanganan

Meskipun kambing kerdil menikmati kontak manusia, penting untuk menjalin interaksi fisik rutin dengan kambing kerdil muda Anda. Rutinitas ini diperlukan agar kambing Anda berkembang dan beradaptasi saat berada di hadapan atau ditangani oleh manusia.

 

3. Kebersihan

kambing p

Ygmy tidak perlu dimandikan secara rutin atau mengikuti jadwal mandi harian. Cukup bersihkan dengan kuas atau baitu di dalam air jika ada debu di tubuh.

 

Selain itu, kuku mereka perlu dipotong setiap dua hingga enam minggu jika jari-jari kaki mereka terlihat melengkung ke dalam.

 

Penting juga untuk tidak mengabaikan kebersihan dan keamanan kandang setiap saat. Pastikan jangan sampai ada area kandang yang rusak dan bisa melukai tubuh kambing. Pembalut, jika digunakan, harus diganti sebulan sekali atau saat sudah basah.

 

4. Tempat tinggal atau kandang

Jika disimpan di luar ruangan, pastikan kandang terbuat dari bahan yang kuat. Itu bisa melindungi kambing dari unsur angin atau hujan. Kandang juga tidak boleh terlalu dekat sehingga menyebabkan ruangan menjadi panas atau lembab.

 

Jika kambing Anda ditempatkan di dalam ruangan, pastikan kandang yang cukup besar atau pagar yang cukup tinggi sehingga kambing tidak dapat keluar dari pagar. Untuk alas kandang bisa menggunakan strawor wood pellet atau serutan kayu yang mudah dipegang kambing dan mampu menyerap kelembapan.

 

Penting untuk memahami fakta bahwa sangat penting bagi kambing kerdil untuk tetap kering.

 

5. Olahraga

Mereka adalah kambing yang sangat aktif. Jadi, penting bagi mereka, khususnya anak-anak muda untuk dapat melakukan aktivitas atau berolahraga dengan nyaman.

 

Pastikan Anda memiliki area yang luas untuk mereka berlari, atau tempatkan mereka di tempat di mana mereka dapat memanjat atau melompat.

 

6. Sosialisasi

Sebagai manusia, kambing mini ini juga merupakan makhluk sosial. Mereka sangat nyaman hidup berkelompok dan berinteraksi dengan manusia. Jika Anda memiliki kambing kerdil, luangkan waktu setiap hari untuk bersosialisasi atau berinteraksi dengan mereka untuk membangun kepercayaan dengan cepat.

 

Karena mereka makhluk sosial Lebih baik memiliki pasangan.

 

Harga Kambing Pygmy mulai dari 25 Jutaan

Pada akhir abad ke-19 di Eropa, keindahan dan keunikan kambing kerdil telah dikagumi banyak orang. Inilah alasan mengapa kambing mini jauh lebih populer dibudidayakan untuk keperluan hias daripada kambing perah atau pedaging.

 

Kekhasan babi kerdil dari segi penampilan dan ukuran memungkinkannya untuk bersaing dalam pertunjukan kambing. Faktor yang biasanya mempengaruhi harga kambing hias adalah tinggi badan serta bentuk telinga, mulut, tanduk, dan sebagainya. Faktor lain yang mempengaruhi harga kambing hias adalah warna bulunya.

Semakin sering seekor kambing memenangkan kontes maka harga jualnya di pasaran akan semakin tinggi.

 

Seorang peternak kambing kerdil asal Bantul, Yogyakarta, mengaku harga kambing umur 3 bulan bisa mencapai 25 juta, dan tidak ada perbedaan harga kambing kerdil jantan dan betina.

 

Kabar baiknya, ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap kambing kerdil meningkat tajam selama pandemi hingga tiga kali lipat.

 

Sama Kecilnya, Bedanya Kambing Pygmy dan Kacang Tanah

Jangan bingung dengan kerdil dan kambing Kacang. Keduanya kecil dari segi ukuran, dengan berat rata-rata sekitar 25-30kg, asal usul dan beberapa ciri antara kedua jenis kambing ini berbeda.

 

Kambing kerdil tersebut merupakan hasil indukan dari Afrika yang dikenal dengan Kamerun Kerdil Kambing (Cameroon Pygmy Goat) dan kambing kacang berasal dari peternak lokal Indonesia.

 

Kambing kerdil lebih dihargai sebagai kambing hias karena penampilannya yang menggemaskan. Hal ini berbeda dengan kambing yang berbahan dasar kacang tanah yang dijadikan sebagai sumber makanan hewani. Peternakan kambing kacang memainkan peran penting dalam pendapatan petani kecil setempat.

 

Banyak ciri fisik yang membedakan kedua jenis kambing ini. Kambing kerdil dibedakan dengan ukuran tubuh yang lebih kecil, ujung telinga yang menggantung lurus ke atas dan pial (atau daging) yang tergantung di leher di kedua sisinya. Kambing kacang tanah memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping telinga menggantung ke bawah, dan tidak memiliki pial.

 

Ada juga perbedaan besar dalam hal harga. Anakan kambing yang berumur 3 bulan dihargai 25 jutaan, dan anakan kambing kacang yang berumur sama dihargai mulai 1 jutaan.

 

Keuntungan Beternak Kambing Pygmy

Peternak yang memproduksi kambing kerdil dari Indonesia masih langka. Harganya yang relatif mahal membuat para peternak lebih memilih untuk membudidayakan kambing jenis lain. Tetapi bagi Anda yang memiliki lebih banyak uang, Anda dapat menggunakan ini sebagai kesempatan untuk menantang sejumlah kecil peternak kambing kerdil lokal.

 

Bukti nyata keberhasilan peternak kambing kerdil dapat dicermati dalam kisah Dwi Susanto, pemilik Prayitno Farm di Yogyakarta Dia mengaku kewalahan dengan permintaan domba kerdil dari berbagai kota di Indonesia karena minimnya jumlah kambing mini. peternak.

 

Beternak kambing kerdil, seperti halnya beternak domba kerdil, harus menunggu musim tertentu. Mereka dapat memasuki musim kawin kapan saja pada usia berapa pun, dari empat hingga lima bulan, terkadang saat mereka baru berusia dua bulan.

 

Namun, disarankan untuk menunggu usia kambing betina antara 12 dan 18 bulan sebelum ia dapat berkembang biak. Kambing kerdil betina

sang ibu melahirkan satu hingga empat bayi perempuan setiap 9-12 bulan.

Manfaat besar lain dari celengan kambing adalah fisiknya yang unik penampilan yang harus ditambahkan sebagai kambing hias. Jika kambing kerdil Anda memenangkan kontes kambing hias, harga kambing kerdil Anda akan lebih mahal.

 

Di luar pekerjaan, kambing kerdil juga bisa menjadi pilihan hewan peliharaan yang anti-mainstream. Sifat mereka yang lembut, perhatian, dan aktif dapat menjadi pendamping yang baik untuk anak-anak dan juga menghibur orang dewasa. Terlebih lagi, merawat kambing mini itu mudah dengan lahan yang lebih sedikit dibandingkan dengan kambing pada umumnya, dan makanan sehari-hari yang segar dan diproduksi yang dapat ditemukan di mana saja.

Comments

Popular posts from this blog

Pagar Beton Minimalis Unicon Jawa Tengah: Solusi Praktis untuk Meningkatkan Keamanan dan Privasi

Cara Paling Ampuh Untuk Usaha Budidaya Domba Garut

Info Harga dan Ciri-ciri Kambing Boer Fullblood Asli